UPACARA AWAL BULAN DAN PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL KE 68

Bupati Biak Numfor Thomas Ondy selaku Inspektur Upacara Awal Bulan dan
Hari Koperasi Nasional ke 68  
Upacara Awal Bulan Juli 2015 dan hari Koperasi Nasional yang ke 68 digelar di halaman kantor Bupati Kab Biak Numfor pada hari Senin ( 13/7). Selaku Inspektur Upacara (Irup) yang di pimpin langsung oleh Bupati Biak Numfor Thomas Ondy. 

Di Upacara Awal Bulan Bupati Thomas Ondy mengharapkan kita dapat segera menyelesaikan agenda perencanaan dan penganggaran dan menetapkan  Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2016 pada bulan Juli ini sehingga pelaksanaan proses perencanaan dan penganggaran berikutnya dapat tepat waktu dan tepat sasaran. Kita harus sungguh-sungguh dan mulai taat dalam menjalankan ketentuan mekanisme perencanaan dan penganggaran.  Untuk itu kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua SKPD  yang telah menyusun perencanaan dan penganggaran secara tepat waktu dan kami berharap prestasi ini dapat ditindaklajuti di waktu-waktu mendatang.

Dalam amanat Bupati Biak Numfor di hari Koperasi Nasional ini mengatakan banyak keberhasilan yang dibuat koperasi, namun masih banyak juga pekerjaan yang harus kita lakukan untuk menjadi koperasi kuat, besar dan mampu bersaing ditengah-tengah percaturan ekonomi nasional, regional dan internasional. 

Pemerintah baru telah bertekad mewujudkan trisila yang digagas oleh Presiden pertama bapak Ir. Sukarno yaitu berdaulat di bidang politik, mandiri dibidang ekonomi dan berkarakter dibidang budaya. Ini merupakan harapan yang harus diwujudkan karena sejalan dengan cita-cita, nilai dan prinsip koperasi membangun ekonomi rakyat.

Bupati Thomas Ondy juga meminta kepada semua insan koperasi di  Kabupaten BIak Numfor, untuk senantiasa mampu melakukan intropeksi diri, sehingga kita tidak mengulangi kesalahan yang sama ditahun–tahun berikutnya. Kita harus mampu melakukan terobosan-terobosan strategis dan cerdas untuk menapaki perjuangan gerakan koperasi  dalam mewujudkan amanat konstitusi kita di bumi pertiwi ini. 

Kita harus menyadari bahwa membangun koperasi harus didasarkan kemitraan yang harmonis dengan pemerintah daerah. Pemerintah daerah tidak bisa membangun koperasi tanpa gerakan koperasi, begitu juga sebaliknya gerakan koperasi tidak bisa memberdayakan koperasi tanpa dukungan pemerintah daerah.  Hal ini terjadi karena pemerintah daerah berfungsi sebagai regulator dan fasilitator sedangkan gerakan koperasi sebagai pelaksana dan memberikan advokasi, edukasi serta komunikasi kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk pada masyarakat atau anggota koperasi.

Dalam kesempatan ini Bupati Thomas Ondy juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dengan ucapan terima kasih kepada kepada kepala dinas koperasi kabupaten Biak Numfor beserta jajarannya atas dukungan dan kerjasama dalam pemberdayaan koperasi selama ini. Semoga koperasi di Indonesia pada umumnya di Kabupaten Biak Numfor pada khususnya dapat menjadi tonggak sejarah, untuk  “memperkokoh koperasi sebagai sokoguru perekonomian indonesia”, sebagaimana thema peringatan Hari Koperasi ke-68 ini. Di akhir upacara hari Koperasi Nasional juga dilakukan penandatanganan MoU Kepada Pihak Rumah Sakit Daerah Biak dengan Kelompok Aski. Dalam produksi hasil kelompok Aski dari Biak Barat berupa makanan khas lokal abon ikan yang produksi di Biak. (dk/hp)

0 komentar:

Post a Comment