BAPPEDA BIAK NUMFOR BEKERJASAMA DENGAN ITB DALAM PELATIHAN ANALISIS KEBIJAKAN DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK

Demi  merancang pengembangan model analisis kebijakan menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk mengevaluasi kinerja program di tiap SKPD dan Distrik maka BAPPEDA Biak Numfor bekerja sama dengan ITB melakukan pelatihan analisis kebijakan dengan pendekatan sistem dinamik yang berlangsung hari selasa,(4/8) di Nirmala Hotel.
Hadir sebagai narasumber dari ITB Dosen Program Magister Studi Pembangunan – Prof.Dr.Muhammad Tasrif, M.Eng juga  Konsultan dan Pengajar System Dinamics – Ir.Teten. W. Avianto, MT ditambah lagi dengan 2 narasumber dari Biak Numfor yaitu Kepala Bappeda – Turbey.O.Dangeubun, S.Pi, M.Si serta Kepala Dispenda – Hery Mulyana, S.Sos, M.Si.
Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Biak Numfor – Andreas Msen, SE di mana saat membacakan sambutan tertulis Bupati Biak Numfor ditekankan kepada peserta bahwa perlunya pengetahuan tentang tahapan dalam pendekatan sistem dinamik, yaitu berupa ; Identifikasi dan defenisi masalah, Konseptualisasi sistem, Formulasi model, Sirnulasi model, Verifikasi dan validasi model, Analisis kebijakan, dan tahap yang terakhir adalah Implementasi kebijakan.  Dengan demikian narasumber bertanggung jawab penuh dalam menyajikan pemahaman kepada seluruh peserta pelatihan sehingga nantinya ada perubahan sikap dan perilaku sesuai etika seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan keterampilan, keahlian dalam memimpin sebuah oragnisasi yang siap menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan kesatuan bangsa.  Pembiayaan Pelatihan ini berasal dari Dana Lokasi Umum (DAU) Kabupaten Biak Numfor Tahun 2015 dan direncanakan berlangsung hingga besok sore dengan menghadirkan beberapa SKPD/Distrik yaitu : Dinas Pariwisata, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan & Perikanan, Dinas Pendidikan, Dispenda, Dishub, BPKAD, Bapeda, Humas, sedangkan untuk peserta Distrik terdiri dari : Biak Kota, Biak Timur, Biak Utara, Biak Barat, Samofa, Yendidori, Yawosi, Padaido, Numfor timur dan Numfor Barat. (ps/hp)

1 komentar:

  1. Salam hormat, Kami dari LEDIKNAS Panitia Bimtek/Diklat Nasional Mengundang bapak/ibu untuk mengirim Peserta Terkait untuk mengikuti bimtek/diklat dalan rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas ASN, Adapun materi dan tempat pelaksanaan :

    HUBUNGI SEKRETARIAT LEDIKNAS
    Layanan kontak : 082112366662 (tlp/sms/wa) 0811180721 (tlp/sms)
    Website : www.lediknas.com

    DUM, terima kasih..

    ReplyDelete