PENGOLAHAN MINYAK KELAPA BERKUALITAS BAGI IBU – IBU TANI DI KABUPATEN BIAK NUMFOR


Minyak Goreng Manisrai Impando
Minyak Goreng Manisrai Inpando dari hasil ibu-ibu kelompok tani
Kegiatan Pelatihan Pengolahan Minyak Kelapa berkualitas bagi Ibu–ibu kelompok tani “MANISRAI INPANDO” ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani tentang teknik pengolahan, pemasaran dan penguatan kelembagaan organisasi petani. Dan meningkatkan nilai tambah dengan memproses buah kelapa secara terpadu. 


Kegiatan yang diselenggarakan di Kampung Yemberok Distrik Biak Timur ini dihadiri oleh Bupati Biak Numfor Yhomas Ondy, Ketua Tp- PKK, Ny Susan Ondy, kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Hendrison Ondy, S.hut, MMA dan Para Kepala Kampung di Distrik Biak Timur. Dalam sambutan Bupati Biak Numfor Thomas Ondy mengatakan dalam rangka pengembangan visi misi adalah salah satunya bidang pengelolaan minyak kelapa di masyarakat dan bisa mengembangkannya di jejaring sosial.  Bupati bangga dengan hasil yang sudah dirasakan atau dinikmati dalam bentuk pengolahan  makanan yang menggunakan bahan minyak kelapa hasil dari ibu-2 kelompok di maksud.

Bupati Thomas Ondy mengharapkan  untuk menyiapkan sebidang tanah ukuran 30 x 40 m2 untuk pengembangan hasil minyak kelapa, dan Ibu – ibu berani untuk melakukan peningkatkan usahanya dan harga harus terjangkau. Dalam kegiatan tersebut Bupati Biak  menyerahkan 1 set peralatan untuk memproduksi pengelolaan minyak kelapa.  Ditambahkannya Bupati dalam sambutannya untuk bisa mengembangkannya menjadi pabrik kecil untuk dapat menampung alat produksi. 

Sementara itu selaku Ketua kelompok Tani Manisrai Inpando menyampaikan terimakasih banyak atas bantuan Paket alat yang diserahkan secara resmi. Adapun hal yang di usulkan kepada Bupati merupakan Pondok produksi yang saat ini dengan ukuran 3x4 memang belum mampu untuk menampung peralatan yang ada. Dan Pondok Produksi belum adanya Instalasi Listrik yang merupakan kebutuhan pokok untuk menjalankan mesin. 

Jumlah peserta ini yang hadir sebanyak 32 orang pada acara pelatihan pengolahan minyak kelapa berkualitas bagi ibu-ibu tani yang diselenggarakan pada hari kamis, (25/6).  

0 komentar:

Post a Comment