UNTUK KESIAGAAN TERHADAP ANCAMAN GEMPA BUMI & TSUNAMI DI BIAK NUMFOR MAKA DILAKUKAN GELADI RUANG DAN GELADI POSKO

Sebanyak 35 orang yang terdiri dari pejabat di lingkungan SKPD Kabupaten Biak Numfor, TNI Polri dan pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana hari ini (15/9) diikutkan sebagai peserta geladi ruang dan geladi posko untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi ancaman gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Biak Numfor. Para peserta
ini mendapat sejumlah materi dari BNPB dengan para instruktur / fasilitator berasal dari BNPB dan MABES TNI, dan akan berlangsung dari 14 hingga 18 September 2015 yang dibagi pada 3 bagian ; Academic Sesion, Table Top Excercise, Command Post Excercise & Kaji Ulang/Evaluasi.

Pembukaan geladi ruang dan geladi posko atau yang lebih dikenal dengan Simulasi Penanggulangan Bencana secara resmi oleh Sekertaris Daerah – Andreas Msen mewakili Bupati Biak Numfor yang berlangsung di Gedung Sasana Krida Biak serta disaksikan oleh Kapusdiklat, Dandrem 173 PVB, Forkompinda, serta undangan lainnya. Sambutan Bupati Biak Numfor yang dibacakan Sekda ditegaskan bahwa dalam hal bencana terjadi maka perlunya rencana kontijensi yang akan berubah menjadi rencana operasi tanggap darurat setelah terlebih dahulu mempertimbangkan kaji cepat (Rapid Assessment). Oleh sebab itu peserta dikerahkan untuk menyerahkan segala kemampuan yang ada termasuk semua sumber daya peralatan untuk senantiasa siaga menolong sesama bila terjadi bencana agar korban dapat diminimalisir. Pernyataan pembukaan simulasi ini ditandai dengan pemukulan tifa serta penyematan tanda peserta latihan. (ps/hp)

0 komentar:

Post a Comment