RAMAH TAMAH KETUA SINODE GPM & KETUA PENGURUS BESAR AMGPM MALUKU KE KLASIS BIAK SELATAN

Kiri : Bupati Biak Numfor beserta ibu, Tengah : Ketua Sinode GPM,
Ketua Pengurs Besar AMGPM, Kanan : Sekda Biak Numfor beserta Ibu
Bupati Biak Numfor Thomas Ondy bersama jajarannya mengajak Ketua Sinode GPM (Pdt.DR.Jhon Ruhulesin) & Ketua Pengurus Besar AMGPM Maluku (Pdt.E.Maispatela,M.Si) untuk duduk bersama makan malam di rumah negara guest house, hadir bersama pula hamba – hamba Tuhan yang ada di Klasis Biak Selatan serta hamba – hamba Tuhan dari dedominasi gereja yang ada di Biak.
 Inilah suasana yang tercipta sebagai bentuk rasa syukur atas pertemuan Ketua Sinode GPM dan Ketua Pengurus Besar AMGPM Maluku di Biak sekaligus bentuk permohonan maaf dari Pemerintah Daerah atas ketidakhadiran dalam acara Malam Bakudapa yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 17 juni 2015 di Gereja Imanuel Agung Samofa Biak yang diakibatkan agenda kerja yang tidak bisa ditinggalkan.
Ketua Sinode GPM - Pdt.DR.Jhon Ruhulesin saat diberikan kesempatan berbicara, dengan singkat mengatakan bahwa kita yang GKI maupun GPM dengan adanya perjalanan kunjungan - kunjungan seperti ini bertujuan membangun persaudaraan secara konkrit dalam kehidupan di mana saja.
Ditambahkannya, dirinya sudah menjadi Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku kurang lebih 10 tahun dengan memimpin 32 Klasis dengan 378 jemaat sehingga Ruhulesin sangat
mengharapkan kepada semua hamba Tuhan untuk tidak kendor dalam pelayanan bagi umat dan kepada siapapun sekalipun beda agama, etnis, dan kebudayaannya karena itulah wujud keterpanggilan sebagai pelayan.  Di akhir pembicaraannya, Ruhulesin menyinggung kesiapan Maluku Ambon sebagai tuan rumah pelaksanaan Pesparawi Tingkat Nasional yang akan berlangsung oktober 2015 mendatang dan sebelumnya akan ada peringatan Hari Ulang Tahun Gereje Protestan Maluku ke-80 tepat tanggal 6 september 2015.
      Menanggapi pembicaraan Ketua Sinode GPM ini, Bupati Biak Numfor – Thomas Ondy langsung menyanggupi kehadiran Pemerintah Daerah untuk langsung menghadiri pelaksanaan Pesparawi Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Ambon, begitu juga dengan perayaan HUT GPM.  Bupati Biak Numfor mendelegasikan Ketua Klasis Biak Selatan – Pdt.Yustinus Noriwari,Sth sebagai koordinator rombongan ke Ambon untuk menghadiri HUT GPM ke-80 pada 6 september mendatang.  Ini bagian dari penjabaran visi misi Bupati Biak Numfor untuk terus memberikan peluang bagi sesama etnis, agama apapun dalam berkarya dan berkembang mengingat hampir 10 % dari APBD diberikan Pemerintah Daerah bagi bidang keagamaan untuk membiayai kegiatan-kegiatan gerejawi dan lainnya.  Satu kebanggaan bagi Pemerintah Daerah Biak Numfor adalah keterlibatan warga masyarakat Maluku yang ada di Biak, dan ini menjadi tiang penyangga yang kuat untuk rumah adat Biak, inilah filosofi yang menurut saya dipakai dalam menilai keberadaan dan kehadiran orang Maluku di Biak selama ini, demikian kata Thomas Ondy di akhir sambutannya.  Usai sambutan Bupati Biak Numfor – Thomas Ondy, dilanjutkan dengan doa syukur bersama yang dipimpin oleh Ketua Pengurus Besar AMGPM Maluku - Pdt.E.Maispatela,M.Si  (pS)

0 komentar:

Post a Comment